Ternyata Kandungan Gizi Mie Instan Itu Seperti Ini

Langsung to the point aja ya gan...


Sejumlah sumber meyakini, Jepanglah yang mengenalkan mis instan atau mereka sebut ramen. Sayangnya proses kelahiran mie instan tidaklah dilatari persitiwa manis.
Saati itu Jepang sedang tamak - tamaknya menjajah , bertahun - tahun pasukannya menebar kekejaman di berbagai negri. Dalam perang,pasukan Kepang membutuhkan segala yang serab praktis,cepat (instan). Untuk memenuhi kebutuhan makanan, dibuatlah mie instan ini. Penjajah Jepang kalah perang dan pulang kandang, sementara mie instan melanjutkan kejayaannya di berbagai belahan dunia. Mie instan adalah jenis makanan yang dibilang paling digandrungi di seluruh dunia. Sekitar 43,7 trilion bungkus mie instan dikonsumsi setiap tahunnya


Mengapa mie instan menjadi idola?Mungkin karena sifatnya yang cepat saji membuat siapapun mudah membuatnya.hanya dengan segelas air panas maka jadilah semangkuk mie instan.Praktis kan... . Saat belanja - belanja di mal - mal , ibu - ibu menjejali trolinya dengan tumpukan besar mie sebagai senjata pamungkas akhir dari pilihan makanan. Anak - anak kos malah menjadikannya andalan sebagai menu utama . Ada juga yang menjadikan mie sebagai lauk yang menemani nasi , ada juga yang menyebutnya sebagai pengganti sayur. Selebihnya mie instan bukan hanya penunjang melainkan naik pangkat menjadi makanan pokok. Dalam iklannya , si bintang nan cantik jelita bertubuh sehat sejahtera menyantap mie beserta ayam ,daging,telur . Seganakan kita penggemar setianya benar - benar menjadikan mie instan sandaran perut tanpa di lengkapi menu penunjang gizi lainnya. Sementara itu pengusaha kian cerdik menggoda konsumennya . Diantara kelebihan mie instan adalah aneka ragam cita rasa yang ditawarkan , ada rasa soto ayam, kari ayam, dan rasa khas suatu daerah , misalnya : rasa rendang atau sate.. Untuk Indonesia , sekitar sepuluh miliar bungkus mie instan ludes tiap tahunnya Konsep emotional marketing dengan local taste termasuk yang mendulang sukses gemilang.


Ketika lagu Nasib Anak Kos segan hit, orang - orang tergelitik dengan liri nakalnya :
Nasib anak kos
kadang hanya makan mie
mana badan tak kurang gizi

Semula saya kira lirik lagu itu hanya parodi belaka. Rupanya mie instan memang tak memenuhi kriteria gizi yang dibutuhkan tubuh . Mie instan bukanlah makanan penuh, sebab belum mencukupi kebutuhan gizi yang seimbang bagi tubuh. Mie instan mengandung karbohidrat , tetapi sedikit protein,vitamin,mineral,dan serat.Maka perlu ditambahkan sayuran seperti wortel,sawi,tomat,kol atau toge. Nilai proteinnya diperoleh dengan menambahkan telur,daging,ayam,ikan dll.Tepung terigu adalah bakan baku utama mie instan. Dalam proses pengolahannya disertai dengan minyak sayur,garam,natrium polisofat (pengemulsi,penstabil,pengental),natrium karbonat dan kalium karbonat untuk mengatur keasaman,tartrazine (pewarna kuning). Beberapa kelemahan mie instan mengancam konsumennya :matebelo: Mie instan mengandung natrium yang tinggi dan memicu asam lambung dan menyebabkan rasa perih Penderita maad taidak aman menkonsumsinya,natrium juga memacu tekanan darah,sebab tak seimbangnya natrium dengan kalium. Kondisi ini tak nyaman bagi penderita hipertensi. Mie instan sebaliknya dihindari oleh penderita autisme. KArena ia mengandung gluten. Selain itu , dalam kandungan minyak mie instan hingga 30% dari bobot kering Para penderita obesitas atau organ yang sedang berjuang menurunkan berat badan,mie instan harus dijauhi. Nurdin Wakhid dari LPPOM - MUI mengomantari bahwa "Mie Instan tak memiliki kandungan gizi lengap.Natrium itu bahan pengembang yang punya efek ke lembaung. Tetapi gluten pada mie instan lebih sedikit daripada gluten pada roti


TIPS AMAN : Nur Wakhid menambhakan "Produk mie instan lokal hampir semuanya sudah bersertifikat halal,tetapi produk impor belum semuanya,seperti dari Jepang,Taiwan,Thailand dll. Pada bumbu - bumbunya ada yang memakai powder dari hewan non halal. LEmak - lemak sebagai bumbu cair juga bisa tercampur non halal" Secara agama , kewajiban kita mencermati label halal yang dikeluarkan lembaga berwenang. Hindari mie instan yang tak jelas kepastiannya,stelah jaminan halal diperoleh,berikutnya telitilah efek makanan bagi tubuh. Makanlah sesuatu yang dibutuhkan dan aman menurut kesehatan. Jangan menyantapnya karena korban emotional marketing, yaitu membeli bukan karena butuh tapi karena tergoda , jika hendak makan mie instan , perhatikan tips berikut ini:
Pertama , pastikan tubuh anda tidak rentan atau berbahaya mengkonsumsinya.Sebaiknya menghindari mie instan bila tergolong penderita maag,hipertensi,autis,ibu hamil,dan sejenisnya. Jangan sungkan bertanya pada dokter,amankah anda mengkonsumsi mie instan
Kedua, mengkonsumsi mie instan hanya pada kondisi darurat atau sekedar menu penunjang. Ingatlah mie instan saja tak akan sanggup memenuhi gizi tubuh. Jadi , jangan menjadikannya menu utama.
Ketiga. jangan mengkonsumsinya berkelanjutan. Meskipun jelas label halalnya,mie instan adalah produk olahan yang sentuhan kimiawinya tentulah ada. Sementara tubuh kita tak akan terus kuat menahan gempuran zat kimia terus menerus. Buatlah jeda waktu agar organ tubuh kembali menyeimbangkan diri.

0 komentar:

Posting Komentar